Labels

Belajar, Berbagi, Bermanfaat

Kamis, 16 Januari 2014

TUGAS MERESUM MATERI BAHASA PEMROGRAMAN I




TUGAS MERESUM  MATERI
BAHASA PEMROGRAMAN I

Di Bimbing Oleh:
Drs. Irwan christanto Edy














Disusun oleh:
Nama                        : BIDARI  AYU LESTARI
NIM                         : 210007
Kelas/Semester         : MI A / II



G.    APAKAH BAHASA PEMROGRAMAN
Serangkaian tugas yang harus dikerjakan,komputer diperintah oeh suatu  kumpulan instruksi yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman.Instruksi tersebut akan memerintahkan perangkat keras agar supaya bekerja sebagaimana yang dikehendaki sesuai dengan instruksi yang ada di sebut BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman di bagi menjadi lima macam:


1.Bahasa mesin
2.Bahasa rakitan
3.Bahasa tingkat tinggi
4.Bahasa generasi ke-4
5.Bahasa generasike-5



1.     BAHASA MESIN
Bahasa mesin dibangun dari kode biner (binary) yang terdiri dari 1 dan0,bahasa pemrograman ini hanya dipahami oleh komputer. Pemrogram bahasa mesin mempunyai keunggulan mengenai kecepatan eksekusi dan efisiensi penggunaan memori utama. Namun demikian perlu diingat bahwa tidak ada bahasa mesin yang universal, artinya setiap bahasa mesin sangat sukar dan membutuhkan waktu serta metode sendiri. Bahasa mesin termasuk jenis bahasa tingkat rendah (low level language) yang membutuhkan pemrograman  untuk mempunyai detail pengetahuan tentang bagaimana komputer  tersebut bekerja, serta setiap detail dari operasi mesti merupakan  hal yang spesifik.Sehingga pada bahassa mesin mudah membentuk kesalahan tetapi sangaat sulit  untuk menemukan dan melacak kesalahan tersebut dari bahasa pemprograman mesin.
2.     BAHASA PERAKITAN
Bahasa pemrograman ini adalah bahasa pemrograman yang setingkat lebih tinggi dari bahasa mesin. Bahasa ini juga diklasifikasikan sebagai bahasa tingkat rendah sebab detail dari perangkat keras tetap diperlukan  untuk di ketahui oleh pemrogram. Bahasa assembly mengunakan mnemonic 1 dan 0 dipakai untuk menampilkan / mewakili instruksi .







Contoh  kode dalam bahasa assembly

Assembler code mnemonics
sseg                                                     segment stack
                                                                                    Db 256 dup(?)
 Sseg                                                                            end
Dseg                                                                            segment
Data                                                                            db”2 x 4”=”
Dseg                                                    ends
Cseg                                                                            segment
Assume                                               cs;cseg,ds:dseg,ss:sseg,es:notihing
Star                                                                              proc far
                                                                                    Push as
                                                                                    Mov ax,0
                                                                                    Push ax
                                                                                    Call min
Star                                                      endp
Main                                                                            proc near
                                                                                    Cld
                                                                                    Mov ax, dseg
                                                                                    Mov ds, ax 
                                                                                    Mov ax, 0booh
                                                                                    Mov  es,ax
                                                                                    Mov bx, 0
                                                                                    Lea si,data
                                                                                    Mov di,32848
                                                                                    Mov al,02h
                                                                                    Mov bl,04h
                                                                                    Or al,30h
                                                                                    Mov al,data+9
Msgab             mov    cx,9
Ibl                                                                                movsb

Menemonic adalah suatu singkatan abjad yang digunakan sebagai suatu memori.Misalnya penggunaan kombinasi 1 dan 0 untuk mewakili suatu operasi penjumlahan,seorang pemrogram mungkin akan menggunakan memonic AD. Sebelum suatu komputer dapat menggunakan suatu bahasa assembly, ia harus menerjemahkan bahasa assembly tersebut kedalam bahasa mesin. Komputer membuat konversi dengan program penerjemah bahasa (translator language). Program penerjemah bahasa adalah suatu program sistem yang merubah kode bahasa pemrogram kedalam bahasa mesin.
3.     BAHASA TINGKAT TINGGI
Suatu bahasa tingkat tinggi terdiri dari instruksi yang sangat  erat dengan bahasa manusia dan notasi matematika dan tidak membutuhkan pemrogram yang mempunyai pengetahuan luas tentang detail operasi  internal dari sebuah komputer . Bahasa tingkat tinggi lebih mudah dipelajari daripada bahasa mesin ataupun bahasa assembly. Ada dua macam program translator bahasa tingkat tinggi yang diigunakan yaitu:
a         compiler
Compiler menntranslasikan seluruh program yang ditulis dalam tingkat yang dapaty dibaca oleh orang atai bahasa pemrogram assembly, yang disebut dengan source code kedalam bahasa mesin sekali sebelum program tersebut dieksekusi. Program tersebut tersimpan dalam bentuk yang terbaca oleh mesin hal ini disebut dengan objeck code. Objeck code kemudian dapat dieksekusi kapan saja setelah itu. Source code tetap tidak berubah setelah konversi dan dapat dimutakhirkan/dimodifikasi serta diubah seperlunya dan kemudian dikompilasi kembali kedalam objeck code. Suatu interpreter menterjemahkan suatu program kedalam bahasa mesin baris per baris pengeksekusian setiap baris dilakuukan setelah diterjemahkan. Pada interpreter, hasil penerjemahan yang dibaca oleh mesin tidak disimpan dalam memori utama atau penyimpanan sekunder oleh karena itu program perlu diinterpresentasikan setiap saat  hal itu dieksekusi.
b        interpreter.

4.     BAHASA GENERASI KEEMPAT
Untuk menunjukkan  kategori yang berbeda dari suatu bahasa sering digunakan istilah generasi dari yang paling rendahnsampai yang paling tinggi.Bahasa mesin diacu sebagai generasi pertama, sedangkan bahasa assembly diacu sebagai bahasa generasi kedua.Bahasa tingkat tinggi merupakan generasi ke tiga. Generasi keempat adalah salah satu dari bermacam bahasa pemrograman yang tidak begitu banyak memerlukan usaha pembuatan program dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi.Kecanggihan bahasa pemrogram generasi keempat bevariasi.Bahasa ini biasanya digunakan dalam konjungsi dengan databes  dan mencangkup queri databes,report generator dan aplikasi generator.Suatu bahasa queri databes memperkenankan user untuk memformulasikan ketidaktahuan yang bekaitan dengan record dari sebuah file sampai beberapa file.

5.     BAHASA GENERSI KELIMA
Bahasa alami adalah serupa dengan bahasa queri tetapi user atau pemprogram tidak perlu belajar dan menggunakan  kosakata(vocabulary)khusus,tata bahasa ataupun sintak yang tertentu. Bahasa alami sanggat terkait dengan percakapan manusia sehari hari. Suatu perintah yang dimasukkan dalam format  percakapan manusia,bahasa alami membutuhkan perangkat keras dan perangat lunak yang canggih.
H.    APAKAH BAHASA PROSEDURAL DAN BAHASA NON PROSEDURAL
Bahasa pemrograman dibagi menjdi dua tipe yaitu:
1.     Prosedural
Bahasa prosedural menetapkan bagaimana sesuatu itu dicapai. Yang termasuk  bahasa prosedural antara lain: BASIC,C,Ada,COBOL dan FORTRAN.
2.      Non prosedural
Adalah bahasa yang menetapkan bagaimana sesuatu dicapai tanpa mengarah kepada detail tentang bagaiman langkahnya. Yang termasuk bahasa non prosedural antara lain  bahasa queri da report generator.
I.       BAHASA PEMROGAMAN BERORIENTASI OBYEK
Bagian utama dalam suatun program yaitu : instruksi dan data. Bahasa pemrogaman membicarakan tentang data dan instruksi sebagai masukan terpisah. Akan tetapi bahasa pamrograman yang berorientasikan obyek membicarakan suatu program sebagai deretan dari obyek dan pesan.
Suatu obyek adalah kombinasi antara data dan instruksi yang bekerja sama pada data dan disimpan bersama sebagai unit yang disimpan bersaama sebagai unit yang dapat dimanfaatkan kembali. Pesan (message) adalah instruksi yang dikirim diantara obyek. Untuk kualifikasi sebagai bahasa pemrogram berorientasi obyek, suatu bahasa mesti menggabungkan konsep dari kapsulisasi, pewarisan sifat, kegandaan bentuk (polymorphism). Kombinasi data dan instruksi ke dalam struktur yang dapat dimanfaatkan kembali disebut dengan encapsulation (kapsulisasi) yang merupakan salah satu prinsip dasar dari suatu bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Salah satu obyek yang berdaya guna dari suatu bahasa pemrograman yang berorientasi obyek adalah pewarisan (inberintance) yaitu: kemampuan bahasa untuk mendefinisikan suatu obyek baru mempunyai seluruh atribut dari obyek yang telah ada. Konsep ketiga dari bahasa pemrogram berorientasi obyek adalah polymorphisme, yaitu kemampuan dari suatu obyek untuk tanggap kepada message dengan beberapa cara misalnya anda katakan anda memiliki obyek lingkaran dan obyek persegi. Jadi setiap obyek mempunyai karakteristik penggambaran yang sama tetapi karakteristik tersebut diimplementasikan berbeda. Bahasa pemrograman berorientasi obyek menyediakan sejumlah keunggulan meliputi penggunaan kembali kode daripada penemuaan kembali dan adabtasi kode. Fungsi generik dapat dikembangakan untuk memperkenalkan kemudahaan perakitan aplikasi  dari bentuk siap pakai. Contoh bahasa pemrograman berorientasi obyek antara lain: small talk,C++,pascal rel,6 keatas dan objectiv –C.

J.      BAHASA TINGKAT TINGGI UTAMA
Bahasa tingkat tinggi utama yangbada meliputi : FORTRAN,CO-BOL,PL/I,BASIC,Pascal,RPG,C,Ada,LIPS,Prolog dan Logo
1.     FORTAN
 Merupakan singkatan dari kata FORmulaTRANslator yaitu bahasa pemrograman yang dikenalkan pada tahun 1957. Perkembangaan FORTRAN yang beredar di masyarakat ada beberapa versi,antara lain FORTRAN77 dan WATFORT yang dikembangkan  pada ilmuan dari Waterloo University Canada. Berikut adalah contoh penulisa program dengan bahasa FORTRAN.
C         COMPUTE THE SUM AND AVERAGES OF 10 NUMBERS
C
                        REAL NUM, SUM, AVG
                        INTEGER TOTNUM, COUNYR
C
C         INITIALIZE LOOP CONTROL VARIABLE
                        COUNTR       =  0
                        TOTNUM       =  0
C
C         LOOP TO READ DATA AND ACCUNULATE SUM
            20 IF ( COUNTR, GE, TOTNUM ) GO TO 30
                        READ, NUM
                        SUM = SUM + NUM
C                     UPDATE LOOP CONTROL VARIABLE
                        COUNTR       = COUNTR + 1
                        GO TO 20
C                     END OF LOOP – COMPUTE AVERAGE
                        30 AVG = SUM / TOTNUM
C                     PRINT RESULT
                                    PRINT, SUM
                                    PRINT, AVG
                                    STOP
                                    END

2.     COBOL
    COBOL (Command Bussiness-Oruented Leaguage) adalah bahasa pemrogram pertama kali yang berorientasi pada bisnis. Bahasa pemrograman khusaus dirancang untuk manipulasi file data yang besar yang biasanya ada pada bisnis.
3.     PL/I
    PL/I adalah nama bahasa pemrograman Programming Language One, yamg dibuat pada awal tahun 1960an. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman multi guna yang memperkenalkan komputasi yamg berdaya guna dengan struktur data yang canggih. PL/I sebagian besar saat ini digunakan dalam industri ,minyak. Gambar berikut nerupakan contoh penulisan program dalam PL/I
   STAR : PROCEDURE OPTION (MAIN)
     DECLARE (N,K) DECIMAL FICKED (2)
                          VALUE (N) DECIMAL FIXED (5,2) CONTROLLED
                          SUM             DECIMAL FIXED (6,3) INITAL (0,0)
                          AVERAGE  DECIMAL FIXED (6,3) ;
   GET DATA (N) ; ALOCATE VALUE
            GET LIST (VALUE) ;
            DO K = 1 TO N ; SUM = SUM + VALUE (K) ; END ;
            AVERAGE = ROUND (SUM/N, 3) ; PUT DATA (N, SUM, AVERAGE) ;
   END STAR ;

   DATA ;

   N = 10 ; 1.0 2.0 3.0 4.0 5.0 6.0 7.0 8.0 9.0 10.0     

4.     BASIC
BASIC(Beginer ‘s All-Purpuse Symbolic Instruction Code)dikembangkan di Dartmoundt College pada pertengahan tahun 1960an. Bahasa ini dirancang untuk pemula memepelajari bahasa pemrograman dalam beberapa jam. Dalam pengembangannya ada beberapa versi,antara lain: BASIC,BASICA,Quik BASIC dan Turbo BASIC. Berikut ini contoh program penjumlahan dan rerata dari10 bilangan yang ditulis dalam program BASIC.

10REM COMPUTE SUM AND AVERAGE OF 10 NUMBER
20LET SUM =0
30FOR I =1 TO 10
40INPUT N(I)
50LET SUM = SUM+ N(I)
60NEXT I
70LET AVERAGE =SUM/10
80PRINT “SUM=”,SUM
90PRINT”AVERAGE=”,AVERAGE
999END

5.     PASCAL
Pascal dikembangkan pertama kali oleh Niklus Wirth pada tahun akhir tahun 1960an. Bahasa pascal pada awalnya dirancang untuk mengajarkan konsep tentang pemrograman terstruktur danrancangan top-down. Pascal yang dikembangkan oleh Borland dengan sebutan Turbo Pascal yang sampai saat ini sudah beredar release 7.0.
Contoh program pascal

Program Hitung Rerata (input,output)
{ menghitung jumlah dan rerata dari10 bilangan }
Uses crt ;
Var bilangan,jumlah,rerata:real;
I:Integer
Begin
clrscr;
jummlah :=0.0
for  I :=1 to 10 d0           
begin
read (bilangan)
jumlah :=jumlah+bilangan
end
rerata : = jumlah/10
writeln( ‘ jumlah = ‘, jumlah) ;
writeln( ‘rerata =’, rerata) ;
readln ;
End.



6.     BAHASA PEMROGRAMAN C
Bahasa C dikembangkan pada perusahaan telekomunikasi Bell pada awal tahun 1970an. Bahasa ini mempunyai keunggulan karena mampu bergerak pada bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi. Seperti halnya pascal, bahasa C dikembangkan untuk beberapa jenis komputer, baik untuk komputer mikro, omputer mini maupun main frame selain itu juga dikembangkan untuki versi IBM, Macintosh maupun versiu komputer lain. Pada saat ini bahasa C yang paling banyak digunakan adalah C++ yang merupakan versi baru yang berupa oppl (object oriented programming language)
Contoh program yang ditulis dalam bahasa C

# include <stdio.h>

main ( )
{
            int i, bil ;
            float jumlah ;

            printif(“ Masukan bilangan\n”) ;
            jumlah = 0
            for (i = 0; I<10; I ++)
{
scanf (“%d” ,&bil) ;
jumlah= jumlah + bil ;
}
            printif ( “jumlah  = %3.If\n” , jumlah) ;
            printif ( “rerata = %3.If\n” , jumlah/10.0)



7.     ADA
Bahasa pemrograman ada dikembangkan pada akhir tahun 1970an dengan didukung dari  Departemen Pertahanan Amerika. Nama ada diambil dari Agusta Countess of Lovace, yang di pertimbangkan lewat beberapa pemrograman dunia pertama. Dalam pengembangaan ada ,sangat berdaya guna, lengkap dan efisien untuk aplikasi militer misalnya pengontrolan sistem persenjataan.
 Contoh program ada:
PROCEDURE rata –rata bilangan IS
USE simple io;
bil,jumlah,rerata:REAL;        
 BEGIN
jumlah: = 0;
FOR i IN 1...10 LOOP
GET(bil);
              jumlah: = jumlah+bil;
              END LOOP;
              rerata: = jumlah/10;
              PUT(“jummlah=”); PUT(jumlah);
              PUT(“Rerata=”); PUT(rerata);
END rerata bilangan;

K.    PEMILAHAN BAHASA PEMROGRAMAN YANG SESUAI
           Dengan begitu banyak bahasa pemrograman yang dapat dipilih berdasarkan beberapa faktor sebelum memilih salah satu bahasa yang akan digunakan. Selain itu program harus mengetahui kecepatan yang dubutuhkan oleh program tersebut untuk dieksekusi. Apabila program tersebut sering digunakan dan memerlukan eksekusi yang efisien,maka bahasa seperti C mungkin dibutuhkan untuk mengurangi waktiu eksekusi.
Yang ketiga penalaman dari staf program,biasanya seorang pemrogram hanya memiliki wawasan pemrograman hanya dari beberapa bahasa pemrogramn saja.
Keempat bagaimanakah portabilitas dari bahasa pemrograman apakah program yang akan dituliskan akan diterapkkan di beberapa tipe komputer yang berlainan? Jika iya  maka perlu dipilih bahasa pemrograman yanh memiliki portabilitas yang baik. Bhasa mesin dan bahasa assembly hanya dapat diterapkan pada jenis komputer tertentu.
Kelima mengenai perawatan apabila program yang ditulis kemungkinan besar mengalami revisi dan pemutakhiran secara priodik,maka untuk menghemat dan memepermudah perawatan,programtersebut sebaiknya dituis dalam bahasa tingkat tinggi. Selain itu alangkah baiknya apabila seorang pemrogram memiliki source program yang asli(berlisensi)sehingga bila muncul release yang lebih baru dengan mudah akan memeperoleh upgrade program-nya.

                                                                       

0 komentar:

Posting Komentar